Selamat datang di Website Desa Getakan.

Menuju Desa Getakan Yang Lebih Baik 

Perbekel

Cokorda Putra Parwata

Produksi Tanaman Pangan dan inovasi potensi desa

  • 09 Mei 2018
  • Dibaca: 175 Pengunjung
Produksi Tanaman Pangan dan inovasi potensi desa

Produksi Pangan Desa Getakan  2 Tahun Terakhir 2016-2017 mengalami peningkatan

Desa Getakan memiliki produk unggulan yaitu Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) dan juga Simantri (Sistem Manajemen Pertanian Terintregrasi). Bumdes adalah sebuah lembaga desa yang dikelola oleh pemerintah desa juga masyarakat desa dengan tujuan memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa. Simantri adalah sebuah proyek unggulan pemerintah Provinsi Bali dalam rangka mempercepat adopsi tekhnologi pertanian yang merupakan pengembangan model percontohan dalam rangka alih tekhnologi kepada masyarakat pedesaan.

Bumdes Getakan memberikan pelayanan berupa simpan pinjam uang, pelayanan jasa berupa fotocopy dan usaha dagang seperti menjual alat tulis kantor, kelompok simantri di Desa Getakan bergerak dibidang peternakan sapi pedaging.

Adanya Bumdes di Desa Getakan selama perjalanannya memberikan keuntungan finansial berupa laba dari usaha simpan pinjam, pelayanan jasa dan usaha dagang, sedangkan kelompok simantri mendapatkan untung dari penjualan sapi.

Disamping mendapatkan keuntungan finansial kedua produk unggulan ini juga memberikan keuntungan sosial, bumdes memberikan keuntungan sosial berupa modal kerja kepada wirausaha yang ingin mengembangkan usahanya di desa getakan dengan bunga kompetitif. sedangkan keuntungan dari adanya program simantri adalah pengurangan jumlah pengangguran di desa Getakan.

Penggunaan teknologi dalam kegiatan Bumdes dan Program simantri demi kelangsungan kegiatannya kedua produk unggulan ini menggunakan tehknologi berupa tehknologi elektronik seperti laptop, kalkutator, hp dll.

  • Kelembagaan  Inovasi

Kelembagaan yang memfasilitasi kegiatan inovasi di Desa Getakan adalah Bumdes itu sendiri yang bernaung di bawah pengawasan Pemerintah Desa Getakan. Peta rencana Bumdes Getakan adalah membuka toko grosir dimana bertujuan untuk menjembatani antara supleyer dengan pedagang warung yang ada di Desa Getakan agar perputaran ekonomi di Desa Getakan lebih baik lagi.

Sedangkan kelompok simantri desa Getakan akan berencana mengolah tanah pertanian dengan mengdepankan tumbuhan organik seperti cabai organic (proposal sudah diajukan). Disamping itu juga pada tanggal 10 Februari diadakan sosialisasi oleh Dinas Pertanian Klungkung mengenai padi organik di Subak Melangit Getakan.

 

 

  • Jejaring Inovasi

Dalam pengelolaan produk inovasi masyarakat terbangun sebuah interkoneksitas dengan Bumdes yaitu pelayanan kredit sebagai modal kepada masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya, usaha – usaha yang ada di Desa Getakan yang sudah mendapatkan bantuan berupa pinjaman modal kerja antara lain : Usaha banten, usaha kue, usaha penggilingan kopi, warung dan lain sebagainya,

usaha yang di berikan bantuan pinjaman modal kerja

 Begitu pula dengan pemerintah senantiasa mengawasi pengelolaan kredit  bumdes  demi menghindari penyelewengan, karena modal yang didapat oleh Bumdes bersumber dari pemerintah, sedangkan kelompok simantri senantiasa bersinergi dengan dinas peternakan guna mendapatkan pengetahuan terbaru agar mengahasilkan sapi dengan kualitas daging yang baik dan juga pengolahan limbah kotoran dari sapi tersebut. Dalam hal pemasaran hasil ternak sapi kelompok simantri senantiasa menggali informasi baik dari media cetak maupun elektronik mengenai harga sapi guna menghindari permainan dari calo ataupun tengkulak yang dapat merugikan kelompok simantri (Red. ketua kelompok simantri)

  • Budaya Inovasi Masyarakat

Dalam dua tahun terakhir masyarakat menemukan tehknologi pembajak berupa traktor sebagai alat pengganti sapi, penggunaan traktor dalam membajak sawah selain menghemat waktu hasil dari pembajakan tanah sawah bisa lebih baik, selain traktor masyarakat yang memproduksi minyak kelapa sudah menggunakan mesin pemarut kelapa agar volume produksi minyak kelapa bisa lebih banyak. Traktor dan juga mesin pemarut kelapa saat ini sangat mudah didapatkan di toko mekanik. Dengan adanya tehknologi kapasitas produksi masyarakat bisa lebih meningkat dan juga menghemat waktu. Dengan menggunakan tehknologi modern masyarakat lebih bisa mengembangkan produknya.

  • Keterpaduan Perencanaan Inovasi

Dengan Adanya inovasi desa diharapkan desa Getakan mampu menyatukan berbagai kelompok budaya dan sosial kedalam kesatuan wilayah Desa Getakan dan pembentukan suatu identitas desa Getakan (red. Perbekel Getakan)

 

 

 

 

 

 

  • Kepekaan Masyarakat Terhadap Dinamika Global/Ekonomi

Mesin pengolahan limbah kotoran sapi pada kelompok simantri merupakan salah satu langkah inovasi ramah lingkungan selain mendapatkan hasil dari biogas kelompok simantri juga mengurangi bau dari kotoran sapi yang ada d kelompok simantri. Demi memenuhi kebutuhan pasar kelompok simantri senantiasa menjaga kesehatan sapi – sapi dengan meberikan pakan yang bagus dan pola makan yang teratur agar mendapatkan kualitas daging yang bagus.

  • Faktor – Faktor Kunci Dalam Pengelolaan Potensi Secara Inovatif

Faktor – Faktor  kunci pengelolaan potensi secara inovatif adalah adanya spesialisasi produk unggulan desa sehingga desa memiliki ciri khas tersendiri dari produk yang dihasilkan oleh masyarakat desa Getakan. Seperti halnya sapi yang dihasilkan oleh kelompok simantri yang ada di Desa Getakan dan juga laba atau keuntungan yang bisa dihasilkan dari beberapa usaha yang dijalankan oleh Bumdes getakan.

Tanpa adanya dukungan dari pemerintah berupa modal dana ataupun pelatihan inovasi yang ada akan bersifat monoton, selain itu juga ketersediaan bahan baku sapi dari dalam desa juga sangat berpengaruh dalam pengembangan ternak sapi yang dilakukan oleh kelompok simantri.

Guna meningkatkan perekonomian desa saat KKN Mahasiswa Undiknas pada bulan januari masyarakat  diberikan pelatihan kewirausahaan dimana pelatihan tersebut mendatangkan wirausahawan muda yang sudah sukses dalam menjalankan usahanya.

Visi bersama di desa Getakan diharapkan perekonomian masyarakat Getakan lebih baik dari sebelumnnya dengan mengelola dengan baik produk unggulan dan ikut serta dalam program pemerintah Kabupaten Klungkung “Gema Santi” yakni menciptakan masyarakat yang inovatif .

  • 09 Mei 2018
  • Dibaca: 175 Pengunjung

Potensi Terkait Lainnya

Cari Potensi