Selamat Datang di Website Resmi Desa Getakan , Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Getakan untuk seluruh masyarakat.

Artikel

PENGOPTIMALAN BANK SAMPAH UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA DAN LINGKUNGAN

08 Agustus 2022 14:40:37  Administrator  46 Kali Dibaca  Berita Desa

Kegiatan Bank Sampah oleh Bank Sampah Gelatik Telah Terlaksana di Dusun Getakan pada Hari Senin, 25 Juli 2022

Pengertian Bank Sampah

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang dipilah-pilah. Bank sampah muncul sebagai inisiatif masyarakat lokal dalam upaya pratisipasi menangani permasalahan yang selama ini ada. Pengertian bank sampah berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, Dan Recycle Melalui Bank Sampah adalah “Bank sampah adalah tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang dan/atau diguna ulang yang memiliki nilai ekonomi.” Dengan strategi pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse, Recyle) berbasis masyarakat tersebut mampu mengubah imajinasi sebagian banyak orang terhadap sampah yang tidak memiliki nilai ekonomi di Indonesia. Bank sampah merupakan kegiatan yang bersifat social engineering yang mengajarkan masyarakat untuk memilah sampah serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah secara bijak dan pada gilirannya akan mengurangi sampah yang diangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).  Pembangunan bank sampah merupakan momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk memulai memilah, mendaur ulang, dan memanfaatkan sampah karena sampah mempunyai nilai jual yang cukup baik, sehingga pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan menjadi budaya baru Indonesia

Tujuan dan Manfaat Bank Sampah

Bank sampah memiliki tujuannya tersendiri. Bank sampah ialah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat “berteman” dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah. Bank sampah juga dapat dijadikan solusi untuk mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya. Dengan pola ini maka warga selain menjadi disiplin dalam mengelola sampah juga mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah-sampah yang dikumpulkan oleh warga.

Adapun terdapat 3 (tiga) manfaat dari bank sampah, yaitu:

  1. Lingkungan: berkurangnya volume sampah rumah tangga.
  2. Ekonomi: terdapat manfaat tambahan dari penjualan sampah dan terkumpulnya kas yang dapat digunakan untuk pinjam.
  3. Program berkelanjutan: dampak dari berkumpulnya masyarakat secara terprogram (misalnya usaha simpan pinjam warga, koperasi, dan pengembangan dari usaha pengolahan sampah lainnya).

Cara Mengelola Bank Sampah

Di Desa Getakan mengenai kegiatan bank sampah dilakukan oleh Bank Sampah Gelatik. Bank Sampah Gelatik adalah penanggung jawab dari kegiatan bank sampah. Kegiatan bank sampah dilakukan setiap 1 (satu) bulan sekali yang mana kegiatan ini rutin dilakukan untuk mengurangi sampah rumah tangga. Tentunya kegiatan ini dilakukan melalui metode 3R Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang). Untuk menyetorkan sampah ke bank sampah, sampah-sampah akan dipilah terlebih dahulu oleh kelompok yang bertugas. Untuk jenis sampah yang ditabung ialah sampah kertas, botol minuman kemasan ataupun kardus. Selanjutnya mengenai mekanisme proses bank sampah dapat dilihat pada urutan sebagai berikut:

  1. Sampah dipilah di rumah rangga;
  2. Penyerahan sampah ke bank sampah:
  3. Penimbangan sampah;
  4. Penjualan sampah;
  5. Penyimpanan ke gudang;
  6. Pencatatan ke Buku Tabungan;
  7. Bagi hasil.

 

Penulis: Ida Bagus Pradnya Adinata (KKN PPM XXV Universitas Udayana Tahun 2022)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Pengaduan Online

Pengaduan Online

Statistik Penduduk

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Info Media Sosial

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:430
    Kemarin:132
    Total Pengunjung:88.302
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.52.68
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru