Selamat Datang di Website Resmi Desa Getakan , Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Getakan untuk seluruh masyarakat.

Artikel

SINERGI GIATKAN KERTHI BALI SEJAHTERA MELALUI GOTONG ROYONG WARGA DUSUN GETAKAN DAN MAHASISWA UNUD

08 Agustus 2022 14:23:06  Administrator  294 Kali Dibaca  Berita Desa

Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera Bersama PKK dan Mahasiswa KKN Universitas Udayana Melaksanakan Gotong Royong Pemungutan Sampah Plastik di Dusun Getakan pada Hari Minggu, 31 Juli 2022

Gotong royong adalah suatu bentuk kerjasama antara banyak orang atau anggota masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat untuk menyelesaikan hal atau tugas tertentu yang dipandang bermanfaat bagi kepentingan bersama. Gotong royong merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia. Gotong royong merupakan kepribadian bangsa dan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat. Ciri khas ini juga tertuang dalam Pancasila, yaitu sila ke 3 “Persatuan Indonesia”.

Nilai-nilai Gotong Royong

Gotong royong memiliki unsur-unsur yang melekat dengan maknanya sendiri. Gotong royong dilakukan dengan tulus ikhlas tanpa meminta imbalan karena hasilnya dinikmati bersama; manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan harus bersama orang lain karena manusia adalah makhluk sosial; usaha atau kegiatan dilakukan bersama; setiap partisipan berperan sesuai kemampuan masing-masing; berdasarkan keikhlasan dan suka rela; tanpa harapan balas jasa; kerja atau usaha itu bermanfaat bagi kepentingan bersama.

Kegiatan gotong royong juga memiliki nilai-nilai positif. Nilai-nilai tersebut, seperti: pekerjaan yang begitu berat dan banyak dapat diselesaikan dalam waktu singkat dan cepat; pekerjaan yang dilakukan bersama-sama membuat tidak merasa lelah; mempererat tali persahabatan karena dapat bersenda gurau atau bercengkrama; tidak membeda-bedakan antara orang tua dengan yang muda, antara yang kaya dan miskin atau yang besar dan yang kecil. Gotong royong dapat menumbuhkan rasa kepedulian. Dengan aktif bergotong royong kita bisa disukai oleh masyarakat sekitar, saling mengenal satu sama lain, saling tolong menolong, terciptanya kerukunan, kedamaian, dan kebahagiaan di lingkungan sekitar.  

Apa itu KBS (Kerthi Bali Sejahtera)?

Dusun Getakan, Desa Getakan telah melakukan gotong royong bersama PKK, Tim Desa KBS (Kerthi Bali Sejahtera) Klungkung dan Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Udayana pada hari Minggu, 31 Juli 2022. Kegiatan ini didasarkan untuk menggiatkan program pemerintah, yakni Desa Kerthi Bali Sejahtera yang dipandu oleh Tim Desa KBS. Adapun beberapa tugas pokok Tim KBS, yaitu: 

  1. Percepatan pelaksanaan Program Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat;
  2. Percepatan pelaksanaan Program Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai;
  3. Percepatan pelaksanaan Program Pelindungan Danau, Mata Air, Sungai, dan Laut;
  4. Percepatan pelaksanaan Program Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali;
  5. Percepatan pelaksanaan Program Pertanian Organik.

Pada kegiatan gotong royong tersebut, Tim KBS memberikan pengarahan mengenai sampah plastik kepada PKK dan Mahasiswa KKN. Selanjutnya, antara Tim KBS, PKK, dan Mahasiswa membaur bersama untuk melakukan pemungutan sampah plastik di area Dusun Getakan. Tempat pemungutan sampah plastik tersebut dilakukan di sepanjang badan jalan dan selokan. 

Sikap gotong royong ini harus dimiliki oleh semua elemen atau strata masyarakat  Indonesia.Semua elemen dan strata masyarakat hendaknya bekerja sama sehingga segala pekerjaan bisa dilakukan dengan  lebih mudah  dan cepat serta tentunya perkembangan di lapangan akan lebih lancar dan maju. Tidak hanya itu, dengan menyadari pentingnya gotong-royong, masyarakat dapat mempererat persaudaraan dan persahabatan.

 

Penulis : Helsa Sava Belinda (KKN PPM XXV Universitas Udaya Tahun 2022)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengaduan Online

Pengaduan Online

 Statistik

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Media Sosial

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:169
    Kemarin:252
    Total Pengunjung:107.872
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:192.168.10.4
    Browser:Tidak ditemukan

 Komentar