Selamat Datang di Website Resmi Desa Getakan , Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Getakan untuk seluruh masyarakat.

Artikel

KEMERIAHAN HUT STT CATUR WANGSA KE-10

26 Agustus 2022 07:17:04  Administrator  44 Kali Dibaca  Berita Desa

Sekaa Teruna Teruni (STT) adalah salah satu organisasi yang ada dalam budaya Indonesia khususnya di daerah Bali hingga sekarang. Organisasi perkumpulan muda-mudi yang berfungsi sebagai wadah dalam mengembangkan kreativitas remaja. Selain itu, STT juga diharapkan dapat menjadi tempat untuk melestarikan budaya dan tradisi setempat. Anggota organisasi sekaa teruna teruni adalah para remaja yang telah berusia 16 tahun atau telah berada pada jenjang sekolah setara SMA, tetapi saat ini pada jenjang SMP sudah menjadi anggota STT. Menjadi anggota organisasi ini adalah merupakan suatu kewajiban bagi seorang remaja Bali, walaupun dia sedang bekerja di luar negeri.

Tujuan dari didirikannya organisasi sekaa teruna teruni, yaitu:

a) Terwujudnya pertumbuhan, perkembangan kesadaran, dan tanggung jawab sosial setiap generasi muda dalam mencegah, menangkal, menanggulangi, dan mengantisipasi berbagai masalah sosial;

b) Terbentuknya jiwa, semangat kejuangan generasi muda yang terampil serta berkepribadian dan berpengetahuan;

c) Termotivasinya setiap generasi muda untuk mampu menjalin toleransi, menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, STT memiliki fungsi sebagai penyelenggara pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat, penanaman pengertian, memupuk, dan meningkatkan kesadaran tanggung jawab sosial generasi muda, pemupukan kreatifitas generasi muda untuk dapat mengembangkan tanggung jawab sosial dengan mendayagunakan segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya.

Sekaa Teruna Teruni yang ada di Dusun Gunung Rata Desa Getakan terbentuk pertama kali pada 2012 bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 17 Agustus. Dalam rangka memperingati ulang tahun STT Catur Wangsa Dusun Gunung Rata yang ke-10 mengadakan perlombaan dan acara puncak berupa hiburan pada malam harinya. Perlombaan yang diadakan sangat beragam mulai dari tingkat anak-anak, remaja dan ibu-ibu PKK. Adapun perlombaan yang diadakan yaitu:

  1. Lomba makan kerupuk
  2. Lomba kelereng
  3. Lomba cari koin dalam tepung
  4. Lomba mancing botol
  5. Lomba estafet kayu
  6. Lomba ngulat tipat
  7. Lomba nyuun ngiu
  8. Lomba estafet selendang
  9. Lomba pindahin kerdus

Pada malam harinya diadakan acara pemotongan tumpeng dan acara hiburan dimana mengundang salah satu artis Bali yaitu Dewa Krisna Harmonia. Selain itu, diumumkan juga pemenang juara setiap lomba dan penyerahan hadiah serta pengundian kupon berhadiah. Antusias dari warga setempat sangat tinggi karena sejak pandemi COVID-19 STT tidak mengadakan acara untuk memperingati hari ulang tahun.

 

Penulis: A. A. Istri Mirah (KKN PPM XXV Universitas Udayana Tahun 2022)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Pengaduan Online

Pengaduan Online

Statistik Penduduk

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Info Media Sosial

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:428
    Kemarin:132
    Total Pengunjung:88.300
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.52.68
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru